Jumat, 26 Desember 2008

PANGANDARAN & EKSODUS

www.asepzone.blogspot.com

18 Desember 2004. Pasir putih langit biru kami disini mengabadikan tour eksodus bersama staff dan keluarga.

Swasana masih pagi-pagi sekali kira-kira jam 06.00 wib, kami sudah berkumpul didepan penginapan, memang sebelumnya kita telah bermalam satu malam di pangandaran. Ketua Tim Tour adalah bpk. Dadan Sugandi dan wakilnya adalah saya.

Bpk. Dadang dan saya berdiri didepan peserta tour untuk memberi pengarahan dan informasi acara pagi ini adalah jalan-jalan ke Cagar Alam dan Pasir Putih, ada dari beberapa peserta tour yang tidak mengikuti acara pagi ini dikarenakan ada keperluan dan tidak sanggup menempuh perjalan ini ( ada ibu hamil & sepuh).

Setelah siapa kamipun mengintruksikan mulainya perjalana ini, acara ke Cagar Alam dan Pasir Putih kita tempuh dengan berjalan kaki kira-kira 30-45 menit. Dari penginapan menuju arah pantai, kemudaian menyusuri pantai, melihat perahu-perahu nelayan, akhirnya tiba di gerbang lokasi Cagar Alam. Rombongan masuk melalui gerbang satu persatu diikuti petugas yang menghitung jumlah pengunjung. Aku, Ketua Tour dan bendahara menyiapkan administrasi pembayaran HTM.

Cagar Alam adalah hutan lindung disekitar Taman Wisata Pangandaran, Taman hutan yang lebat rindang dan sejuk yang dihuni oleh beberapa kelompok kera, kami terus berjalan tidak lama kemudian kami menemui mulut go’a, kita masuk go’a yang didampingi tim pemandu dari petugas Cagar Alam. ( Banyak hal-hal aneh disekitar dan di dalam go’a / banyak mitos ).

Setiap Awal pasti ada Akhir, seperti halnya mulut go’a kita berakhir ( keluar ) menuju pasir putih, air yang sangat jernih, laut yang biru muda seperti halnya langit, hilir mudiknya para ikan bisa kita lihat, dipantai itu, kita tidak diperbolehkan berenang dikarenakan karang yang terjal dan tajam. ( Kalau menyelam mungkin boleh, asal tidak merusak karang ). Akhirnya kita mengabadikan acara tour ini dengan berphoto bersama, setiap staff boleh membawa keluarganya. Bagi staff yang sudah berkeluarga mendapat jatah 4 kursih buat keluarga, bagi yang single mendapat jatah 2 kursih.

Masih disekitar Cagar Alam kita berkeliling hutan tersebut, disekitarnya masih banyak kera. Kalau kita memberi makanan kera, bila kita memberi dengan tangan kanan maka kera tersebut akan mengambil makanan dengan tangan kanan, dan bila memberi dengan tangan kiri makan kera tersebut akan mengambil dengan tangan kiri juga. (hemmm, bias gitu yah). Di Cagar Alam tersebut masih terdapat mata air yang sangat jernih mengalir, ada sebuah mitos tentang mata air tersebut. Pantai Pangandaran terletak di Kab. Ciamis Jawa Barat, dekat Cilacap Pulau Nusa Kambangan.

Kami terus berkeliling menelusuri hutan Cagar Alam hingga kita kembali ke gerbang pintu masuk, kita berkelilimng Cagar Alam berputar searah jarum jam. Masuk Cagar Alam bisa melaluli Pasir Putih yang ditempuh melalu perahu nelayan. Keluar dari hutan Cagar Alam kita ( rombongan ) singgah di pasar nelayan untuk membeli ikan ( asinan ) ada yang membeli ikan jambal roti, udang dll. Jam 11 Siang lebih akhirnya tiba dipenginapan. Istirahat – Makan Siang.

......................................................................................................................................

Tambahan :

Tour Eksodus adalah acara rutin tahunan yang di adakan oleh eksodus kontraktor dengan ketua yang berbeda-beda tiap tahunya. Sebagai acara untuk mengakrabkan antara keluarga staff, sebagai pelepas kepenatan. Artikel ini saya tulis untuk mengenang rekan-rekan di eksodus kontraktor, sebuah fakta bahwa saya pernah bekerja di eksodus kontraktor selama 3 tahun dari Jan 2004 s/d Des 2006.

Sekian.

Bagi rekan-rekan eksodus, yang membaca artikel ini, mohon saran & kertiknya.